About

Sambutan Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darul Falah

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat atas peluncuran website Darul Falah. Dengan diluncurkannya laman ini diharapkan dapat menjadi media syi'ar dan da'wah yang efektif dan membawa maslahat untuk kemajuan dunia Islam pada umumnya dan Pondok Pesantren Darul Falah pada khususnya

Selain itu diharapkan akan terjalin tali silaturahim dan komunikasi yang lebih bermakna dengan seluruh Keluarga Besar Pondok Pesantren Darul Falah dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

Ahlan wasahlan fii Ma'haad Daarul Falah, mari kita jalin dan pererat ukhuwah Islamiyah di antara kita.

Wallaahul muwafiq ilaa aqwa miththaariq

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

 

K.H. ASEP BURHANUDDIN

SEJARAH SINGKAT PESANTREN DARUL FALAH CIHAMPELAS

Pesantren Darul Falah didirikan pada tahun 1971 oleh seorang buyut Keturunan Mama Cibitung Cipongkor KH. Asep Burhanuddin yang kelahiran 20 Februari 1945 di Kp. Citamiang Desa Cicangkang Hilir Kec. Cipongkor, beliau putra dari KH. Abdul Hamid salah satu keturunan Abah Hasan Pangauban Citalem yang diperingati haulnya setiap tanggal 10 Syawal. Ibunya bernama Hj. Suwaedah Binti Hj. Fatmah Binti KH. Ilyas dari Pesantren Cibitung Cipongkor. KH. Asep Burhanuddin menikahi Hj. Maesaroh putri Maha Haji Anwar dan Hj. Hofsyah Cihampelas.

Seiring kemajuan pesantren dari tahun ke tahun, dengan keberadaan santri yang semakin meningkat jumlahnya, serta keberadan beliau yang ikut berkiprah di organisasi Nahdlatul Ulama, beliau mendapat masukan dari murid dan kerabatnya untuk mendirikan sekolah formal. Maka muncullah pemikiran untuk menyelenggaran pendidikan formal sebagai jawaban atas keberadaan santri yang sangat strategis dalam dunia da’wah Islamiyah, mereka senantiasa dituntut berkomunikasi da’wah dengan berbagai bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan masyarakat.

Untuk mencapai harapan itu, pada tahun 1985 didirikanlah Yayasan Pondok Pesantren Darul Falah dengan Akta Notaris Pendirian Yayasan tanggal 1 Februari 1985 Nomor 22 yang ditandatangani Notaris Ny. Soemantria S.H. sebagai salah satu syarat akan didirikannya pendidikan formal Sekolah Menengah Pertama (SMP) Darul Falah. Tanggal 3 Juli 1986, Kepala Kanwil Depdikbud Propinsi Jawa Barat mengeluarkan Ijin Operasional Sementara Nomor: 733/I02.4/R untuk menyelenggarakan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Para pelopor waktu itu antara lain: Drs. Agus Gunawan, Drs. A. Saeful Mu’min, Drs. H. Baehaqi, Agus Hidayat D. Idris, Pa Wajun, dan Drs. Dendih Erawan. Orang pertama dianggap cocok memimpin SMP Darul Falah pa Wajun. Fasilitas yang dipakai kegiatan belajar mengajar sungguh sangat sederhana, ruang kelas yang digunakan adalah ruang madrasah di samping masjid dan asrama putri. Kepala Sekolah diganti oleh Pak Dendih Erawan dan pada tahun ketiga berdasarkan SK Ketua Yayasan Nomor: SK/015/Y/YPP-DF/II/ 1987 tanggal 3 Januari 1987 ditetapkan Drs. H. Baehaqi sebagai Kepala Sekolah sampai dengan sekarang.

Tahun 1988 berdirilah Madrasah Aliyah (MA) Darul Falah, sebagai pimpinan pertama adalah Drs. A. Saeful Mu’min dengan dibantu beberapa rekan lainnya. Namun keberadaan MA tidak bertahan lama, hanya 4 tahun, karena beberapa pertimbangan dan alasan lain, maka pada tahun 1992 didirikanlah lembaga pendidikan setingkat MA yaitu SMA Darul Falah di bawah kepemimpinan almarhum Drs. Effendy. Kemudian sepeninggal almarhum Drs. DEffendy, Drs. H. Kodar Rahmat mendapat giliran untuk memimpin SMA Darul Falah selama 1 tahun. Namun karena beliau harus melanjutkan pendidikan di UIN Sunan Gunung Djati, kepemimpinan SMA pun diserahkan kepada H. Asep Gojwan, M.Pd yang merupakan salah satu alumni SMP Darul Falah Angkatan pertama bersama Wakil Kepala SMA, Bapak Dayan Budiansyah, S.Ag. Seiring perubahan status dari MA ke SMA, maka peningkatan jumlah santri di PP. Darul Falah pun semakin bertambah.

Tahun 1991 para santri yang berbekal pelatihan metode IQRA, di bawah koordinator Bapak Agus Hidayat D. Idris mendirikan lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak Al-Qur’an. Saat itu, antusias masyarakat sekitar sangat merespon terhadap keberadaan TKA/TPA Darul Falah, terbukti santri angkatan pertama mencapai jumlah yang signifikan, apalagi saat itu belum ada lembaga lain yang menyelenggarakan TKA/TPA di wilayah Cililin.

Pada bulan Juli 1995 Pesantren Darul Falah dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musyawarah Kerja Wilayah PWNU Jawa Barat, sejak saat itu sarana prasarana pun tahun demi tahun terus berkembang. Beberapa moment penting pun, baik berskala provinsi maupun nasional terus diselenggarakan di pesantren Darul Falah ini. Tahun 1999 Kaster TNI saat itu, Letjen Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden RI saat ini 2005-2009), bersilaturahmi dengan para ulama se-Jawa Barat. Pada tahun 2002 diselenggarakan Musyawarah Nasional Thariqoh yang dihadiri Wapres H. Hamzah Haz berserta kabinetnya.

Pada tahun 2001 berbarengan kunjungan Menkopolsoskam H. Agum Gumelar secara resmi STAI Darul Falah didirikan dengan Program S.1 PAI dan D.2 Tadris Bahasa Inggris. Dipercaya sebagai Ketua adalah KH. Anwar Hidayat. STAI Darul Falah merupakan satu-satunya pendidikan tinggi yang ada di Wilayah Bandung Barat tanpa menginduk pada perguruan tinggi lain, maka STAI Darul Falah adalah pelopor perguruan tinggi yang menjawab kebutuhan pendidikan tinggi di wilayah Bandung Barat.

Hingga saat ini siswa SMA Darul Falah sekitar 800 orang dan siswa SMP sekitar 1035 siswa ditambah mahasiswa STAI yang pada saat masih tahap permulaan, namun dibanding dibandingkan dengan perguruan tinggi lain, STAIDAF Darul Falah termasuk patut diperhitungkan.

Saat ini Pimpinan Pesantren mempunyai jabatan sebagai Ro’is ‘Am Syuriah PWNU Jawa Barat didampingi seorang Istri yang senantiasa setia dalam duka dan suka, Hj. Maesaroh putri dari KH. Anwar dan Hj. Hofsyah. Melahirkan satu anak perempuan Hj. Neneng Nurjanah yang telah menikah dengan KH. Anwar Hidayat putra dari KH. Abdul Kodir Pengasuh Pesantren Fauzan Citalem. 

 

RR


 

VISI SMP Darul Falah 2 Cihampelas

“TERWUJUDNYA INSAN YANG SANTUN,CERDAS,INSPIRATIF,DAN TAQWA“ ( SATU CITA )

Indikatornya :

  1. Santun , terwujudnya perilaku akhlaq insan yang santun dan mulia
  2. Cerdas , terwujudnya daya dan pola pikir insan yang cerdas dan berprestasi
  3. Inspiratif terwujudnya insan yang memiliki tindakan dan perilaku yang inspiratif ( mampu mencontoh yang baik dan atau memberi contoh )
  4. Taqwa , terwujudnya insan yang memiliki ketaqwaan kepada Allah Swt.

 

MISI SMP Darul Falah 2 Cihampelas

Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang optimal melalui Program Panca Karsa

  1. Melaksanakan  Managemen pengelolaan sekolah yang partisipatif, efektif dan efisien Berbasis IT (PAREE ) berbasis IT
  2. Melaksanakan Program Integrasi Pesantren melalui  Bimbingan diniyyah islamiyyah dan khlaqul karimah (PIP )
  3. Melaksanakan proses pembelajaran yang aktif, inovatif , kreatif,efektif dan Menyenangkan ( Paikem)
  4. Melaksanakan kegiatan Program bimbingan pengembangan potensi prestasi    akademik maupun non akademik ( Bimpres)
  5. Melaksanakan Program Budaya Lingkungan sekolah yang  Bersih Indah dan Nyaman  ( Beriman )

Maaf konten masih dalam Perbaikan

Maaf konten masih dalam Perbaikan

Maaf konten masih dalam Perbaikan

Maaf konten masih dalam Perbaikan


Jadwal Kegiatan Penerimaan Siswa Baru SMP Darul Falah & SMP Darul Falah 2 Cihampelas

Tahun Ajaran 2015/2016

1. Pendaftaran Peserta Didik Baru Kelas Unggulan (PKU)

s.d 24 Juni 2015

2. Pendaftaran Peserta Didik Baru Kelas Reguler (PKB)

s.d 27 Juni 2015

3. Tes Seleksi Masuk Kelas Unggulan (PKU)

Kamis, 25 Juni 2015

4. Tes Seleksi Masuk Kelas Reguler (PKB)

Senin, 29 Juni 2015

5. Pengumuman Hasil tes Masuk Kelas Unggulan (PKU)

Sabtu, 27 Juni 2015

6. Pengumuman Hasil tes Masuk Kelas Reguler (PKB)

kamis, 02 Juli 2015

7. Daftar Ulang Bagi peserta didik yang diterima di PKU

27 Juni -04 Juli 2015

8. Daftar Ulang Bagi peserta didik yang diterima PKN

02 Juli - 08 Juli 2015

9. Siswa baru yang mondok masuk asrama

01 - 02 Agustus 2015

10. MOPD dan Ta'aruf ke-Darul Falah-an

04 - 06 Agustus 2015

11. Pembagian kelas dan informasi jadwal pelajaran

06 Agustus 2015

12. Hari Pertama KBM Semester 1 Tahun 2015/2016

07 Agustus 2015

13. Pembagian Seragam Sekolah

11 Agustus 2015